08:24:00
0

Perkembangan teknologi saat  ini sudah sangat pesat sekali. Hampir semua lini kehidupan sudah terjamah oleh teknologi. Teknologi adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam masa yang serba maju ini dan teknologi akan semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan timbul banyaknya kebutuhan – kebutuhan dalam kehidupan manusia.

Kemajuan teknologi tidak hanya dimanfaatkan dalam bidang ekonomi, politik ataupun industri akan tetapi juga pada bidang pendidikan, lebih – lebih pada pendidikan Bahasa Inggris. Karena teknologi dapat diterapkan dalam berbagai aspek pendidikan, seperti dalam aspek pengembangan dan pembelajaran interaktif.

Dari sinilah diharapkan teknologi pembelajaran akan lebih mempermudah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran terutama pelajaran bahasa inggris di sekolah maupun di bangku perkuliahan. Untuk itu dalam makalah ini akan di bahas mengenai pengertian, manfaat dan contoh pemanfaatan IT di bidang pengajaran bahasa inggris.

FUNGSI TEKNOLOGI DI BIDANG PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Adapun fungsi dari teknologi di bidang pengajaran bahasa inggris adalah :
  1. Sebagai sarana bahan ajar yang ilmiah dan obyektif.
  2. Sebagai sarana untuk memotifasi peserta didik yang semangat belajarnya rendah.
  3. Sebagai sarana untuk membantu peserta didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui
  4. Sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.
  5. Sebagai sarana mempermudah penyampaian materi.
  6. Sebagai sarana untuk mempermudah desain pembelajaran.
  7. Sebagai media pendukung pelajaran dengan mudah
  8. Sebagai sarana pendukung terlaksananya program pembelajaran yang sistematis
  9. Sebagai sarana meningkatkan keberhasilan pembelajaran.
MANFAAT TEKNOLOGI DI BIDANG PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Mengenai manfaat teknologi pembelajaran Bahas Inggris sangatlah banyak dan hal ini tergantung dari siapa yang memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa manfaat dari teknologi pembelajaran Bahasa Inggris bagi pendidik dan peserta didik :
  • Manfaat bagi pendidik
  1. Pendidik dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.
  2. Pendidik dapat mempermudah desain pembelajaran.
  3. Pendidik dapat menunjang metode pembelajaran.
  4. Pendidik dapat lebih meningkatkan efektifitas Pembelajaran.
  5. Pendidik lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
  6. Pendidik dapat mengefisiensikan waktu.
  7. Dapat menjadi daya dukung pengajaran seorang pendidik.
  • Manfaat bagi peserta didik
  1. Peserta didik dapat lebih cepat menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik.
  2. Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan senang.
  3. Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka ketahui.
  4. Peserta didik tidak bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran secara verbal.
  5. Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses pembelajaran.
CONTOH PEMANFAATAN TEKNOLOGI (IT) DI BIDANG PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Terdapat banyak hal yang dari teknologi yang dapat digunakan sebagai alat penunjung dalam pembelajaran, terutama pendidikan bahasa inggris. Adapun contoh pemanfaatan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Aplikasi Interaktif
Perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi – aplikasi berbasis flash yang dapat digunakan untuk membatu pembelajaran bahasa inggris.
Contoh Aplikasi :
     - My Spelling 
Aplikasi ini melatih semua kemampuan dari mengucap, mendengar, menulis dan membaca. Gambaran pendek dari aplikasi ini, kita bisa gunakan aplikasi My Spelling Test untuk membuat soal sederhana. Misalnya kita ingin membuat soal dengan kata "Facebook", pertama-tama kita harus membuatnya secara manual, maksudnya aplikasi ini sama sekali tidak menyediakan soal bawaan. Kita buat dulu daftar katanya, masukkan kata "Facebook", lalu rekam pengucapannya. Setelah itu disimpan. Kita dapat mengajukan soal tersebut, kemudia dijawab orang lain.
Terlihat jelas sekali manfaat dari aplikasi ini. Seperti yang kita tahu bahwa pembelajaran aplikasi itu harus seimbang antara menulis, mendengar dan berbicanya. Sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk melatih itu semua dalam waktu bersamaan. Jika seriirng berjalan waktu keseringan menggunakan aplikasi ini kita akan terbiasa dan menjadi mahir dalam menulis, mendengar dan berbicara bahasa inggris.
     - Game Scrabble
Ini bukanlah aplikasi, melainkan sebuah game yang sudah sangat terkenal sekali. Game ini berbentuk software yang dapat dimainkan sendiri maupun berdua, bertiga dan beramai-ramai. Walaupun ini adalah sebuah game, namun ini sama halnya dengan kita belajar. Karena dengan memainkan game ini, kita dituntut untuk menguasai berbagai (banyak) kosa kata dalam bahasa inggris, dan harus merangkainya kedalam susunan kata yang sudah terbentuk.
Tidak hanya itu hanya menjadi media pembelajaran bahasa inggris, game scrabble ini juga dapat melatih pola dan kecepatan berfikir kita sehingga dapat merangkai bermacam-macam kata dari huruf-huruf  yang ada.
2. Aplikasi Kamus
Selain Aplikasi diatas, terdapat aplikasi sejenis kamus yang dapat digunakan dalam mencari kata terjemahan bahasa inggris. Sehingga kita tidak perlu repot membuka dan membolak balik kamus.
Aplikasi kamus seperti ini ada banyak, tergantung vendor yang membuatnya. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk aplikasi diatas, kita tinggal mengetikkan kata dipencarian makan akan dimunculkan rekomendasi dari kata tersebut dan kita tinggal memilih kata yang ingin di terjemahkan.
Tentu apalikasi seperti ini sangat memudahkan kita dalam mencari terjemahan dari suatu kata, baik dari bahasa indonesia ke inggris ataupun dari inggris ke indonesia.
3. Translator Online/Offline
Selain aplikasi penerjemah, ada pula aplikasi translator untuk menerjemahkan secara langsung kata, kalimat maupun paragraf. Translator ini ada 2 tipe, ada yang offline (berbentuk aplikasi) dan ada yang online (berbasis web). Contoh yang berbentuk aplikasi adalah transtool dan persada translator. Sedangkan yang online kita dapat menggunakan google translate di website www.translate.google.com .
     - Persada Translator
     - Google Translate
Dengan Menggunakan aplikasi translator offline maupun online, kita tinggal mengetikkan kalimat yang akan diterjemahkan, kemudia aplikasi akan langsung menerjemahkannya secara otomatis. Selain itu terdapat pula fasilitas tambahan yaitu kita dapat mendegarkan cara pengucapan dari kata yang kita terjemahkan tadi. Sehingga ini tidak hanya membuat kita mengetahui terjemahan saja melainkan juga bagaimana cara mengucapkannya.
4. Alat Peraga Pembelajaran
Satu lagi pemanfaatan teknologi dalam bidang pengajaran bahasa inggris adalah dengan menggunakan slide show power point, disini tenaga pendidik dapat membuat rangkuman materi kemudian mengajarkannya kepada siswa/mahasiswanya dengan menambahkan game ataupun video yang lebih memperjelas materi.
Contoh Slide power point yang menjelaskan narative text. Disini ditambahkan gambar ilustrasi yang memperjelas dan menarik untuk dibaca dan dijelaskan.
 Kemudian dapat pula digunakan video animasi dalam menjelaskan bahasa inggris. Ini cocok sekali diterapkan kepada anak SD atau TK. Karena dengan menggunakan animasi ( kartun ) akan menambah minat mereka untuk menyimak ulasan yang ditampilkan dalam video tersebut. Ini jauh efektif dibandingkan kita mengajar secara langsung seperti biasa tanpa alat peraga apapun.
5. Media Pembelajaran via Web
Pemanfaatan teknologi di bidang pengajaran bahasa inggris yang terakhir adalah menggunakan media internet. Karena di internet banyak beredar modul, panduan, buku dan segala bentuk materi yang dapat menunjang proses belajar dan mengajar bahasa inggris. Contohnya adalah :
Didalam laman blog ini terdapat banyak materi yang dapat di gunakan sebagai referensi belajar dan mengajar bahasa inggris. Seperti : Tenses, Conditional Sentence, Comparative degree, Question tag dan lain-lain.
     - www.youtube.com
Di website ini, kita dapat mendapatkan berbagai macam video pembelajaran bahasa inggris. Kita tinggal mengetikkan kata kunci yang akan dicari kemudian mengeklik buttun search, maka video-video pengjaaran tersebut akan muncul. Ini dapat dijadikan referensi kita dalam belajar maupun mengajarkan bahasa inggris.
Situs web ini adalah salah satu wadah kursus online dan menyediakan beberapa materi yang bisa diakses untuk menambah pengetahuan kita dalam hal belajar bahasa inggris. 
Situs web ini berisi berbagai materi dan kuis yang berhubungan dengan bahasa inggris. Didalam situs ini kita dapat mempelajari semua aspek dalam bahasa Inggris, mulai dari vocabulary, grammar, reading, dan speaking. 
Situs web ini sama seperti sebuah forum yang dapat berinteraksi menggunakan bahasa inggris. Disini kita dapat berdiskusi, berkenalan dan bertukar pikiran dengan orang lain menggunakan bahasa inggris. Tentunya hal seperti ini lama-kelamaan akan membuat kita terbiasa menggunakan bahasa inggris. Ini cocok sekali digunakan sebagai media pembelajaran dan belajar bahasa inggris untuk level menengah keatas.
Itulah pemanfaatan IT ( Teknologi) dibidang pengjaran bahasa inggris. Masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan pengajaran bahasa inggris dengan cara pemanfaatan teknologi. Semua tergantung dengan kreativitas dari tenaga pendidik untuk menyesuaikan cara mengajar dengan karakter peserta didiknya agar semngat dalam mengikuti pembelajaran.

*Update Saran
Seiring Perkembangan teknologi memang banyak hal yang dapat kita jadikan alat bantu dalam belajar bahasa inggris, salah satunya seperti aplikasi penerjemah yang dapat kita gunakan untuk menerjemahkan kata atau kalimat dengan mudah. Namun harus diingat, ini adalah alat bantu yang harus digunakan ketika kita lupa atau benar-benar tidak tahu sama sekali. Alangkah lebih baiknya jika kita menguasai kosa kata itu sendiri. Jangan sampai kemudahan teknologi justu menjadikan kita malas dan bergantung sepenuhnya pada teknologi itu.
Sebaiknya kita menggunakan teknologi pembelajaran ini dengan bijak, sehingga hal yang diharapkan yaitu peningkatan produktivitas dan efektivitas dari metode pembelajaran berbasis teknologi berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, bukan sebaliknya malah membuat kita malas dan hanya menadah saja.

Demikianlah Postingan tentang Contoh Pemanfaatan Teknologi (IT) di Bidang Pengajaran Bahasa Inggris. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Terima kasih,
by : akachopa

IT EXPO III Himatif-unib

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Dengan Bahasa Yang Sopan, Kita Saling Menghargai. Terima Kasih