19:09:00
0

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sobat akachopa. marhaban ya ramadhan. Besok adalah hari perdana kita melaksanakan puasa ramadhan, dan seperti biasanya berarti malam ini kita akan melakansakan sholat malam yang hanya terjadi di bulan ramadhan, yaitu shalat taraweh dan witir.
Mungkin sobat pernah melaksanakan sholat taraweh dan witir di beberapa masjid berbeda, dan mendapati tata cara sholat yang berbeda pula. Ini hal yang wajar, karena memang pada dasarnnya terdapat 6 tata cara dalam melakukan sholat tersebut. Jadi sobat jangan heran ya ;)
Untuk memperjelasnya, bisa simak uraian berikut :

Cara 1 :

Yaitu kita sholat sebanyak 13 rakaat. Pertama diawali dengan sholat rakaat ringan / pendek, 2 rakaat ini adalah shalat sunnah ba'diyah isya', atau lebih dikhususkan untuk menjadi pembuka sholat malam. Kemudian kita sholat 2 rakaat lagi panjang sekali, kemudian 2 rakaat lagi kurang dari itu, kemudian 2 rakaat kurang dari sebelumnya, kemudian 2 rakaat kurang dari sebelumnya, kemudian 2 rakaat kurang dari sebelumnya, kemudian witir 1 kali.

Cara 2 :

Shalat 13 rakaat diaantaranya 8 rakaat salam pd setiap 2 rakaat kemudian melakukan witir 5 rakaat tdk duduk & salam kecuali pd rakaat kelima.

Cara 3 :

Shalat 11 rakaat, salam pd setiap 2 rakaat & witir 1 rakaat.

Cara 4 :

Shalat 11 rakaat, shalat 4 rakaat dgn 1 salam, kemudian 4 rakaat lagi seperti itu kemudian 3 rakaat. Lalu apakah duduk (tasyahud –pent) pd setiap 2 rakaat pd yg 4 & 3 rakaat? Kami belum mendapatkan jawaban yg memuaskan dalam masalah ini. Tapi dudukpada rakaat kedua dari yg 3 rakaat tdk disyariatkan !.

Cara 5 :

Shalat 11 rakaat diantaranya 8 rakaat, tdk duduk kecuali pd yg kedelapan, (pada yg ke-8 ini –pent) bertsyahud & bershalawat kpd Nabi Shallaalhu ‘alaihi wa sallam, kemudian berdiri lagi & tdk salam, kemudian witir 1 rakaat, lalu salam, ini berjumlah 9 rakaat, kemudian shalat 2 rakaat lagi sambil duduk.

Cara 6 :

Shalat 9 rakaat, 6 rakaat pertama tdk diselingi duduk (tasyahud –pent) kecuali pd rakaat keenam & bershalawat kpd Nabi Shallaalhu ‘alaihi wa sallam & seterusnya sebagaimana tersebut dalam cara yg telah lau.

Referensi : http://www.mozaikislam.com/
Semoga Bermanfaat ^_^
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Dengan Bahasa Yang Sopan, Kita Saling Menghargai. Terima Kasih