08:27:00
0

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Seiring perubahan zaman yang silih berganti, masyarakat sudah mulai dipengaruhi dengan pemanfaatan teknologi masa kini. Harus kita akui, teknologi lambat laun mulai mengikis budaya bangsa ini. Meski demikian, justru disini adalah titik balik yang mesti kita manfaatkan. Dengan bantuan teknologi ini, kita harus memanfaatkan peluang untuk menyebarkan dakwah dengan versi yang berbeda dan relevan dengan perkembangan zaman sekarang. Sehingga hal yang tadinya kita anggap memiliki beberapa mudharat, kita buat menjadi sesuatu yang mendatangkan bermanfaat demi kemaslahatan umat.

Islam adalah agama yang dapat menyesuaikan dengan segala bentuk perubahan zaman. Sehingga saat ini terdapat banyak cara berdakwah yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, diantaranya adalah :

1. Dakwah melalui Media Massa (Cetak)
Harus kita akui bahwa Media Massa saat ini memegang kendali terhadap aliran informasi ke seluruh penjuru negeri. Media masa juga dapat mempengaruhi kualiatas pola pikir manusia melalui berita-berita yang disajikannya. Saat ini kita sadari bahwa media massa justru terlalu banyak mengulas berita negatif, mulai dari isu Sara, kasus kejahatan hingga berita-berita yang hanya bersifat profokatif belaka. Oleh karena itu saatnya kita mengembalikan media menjadi agen edukatif untuk bangsa.
Sebagai contoh, dalam satu media cetak harian hendaknya disediakan 1 halaman khusus yang memberikan informasi religius. Sebenarnya di media massa saat ini ada rublik yang demikian, namun biasanya hanya terdapat di bulan Ramadhan. Ini hendaknya tetap dipertahankan walaupun sudah berakhirnya Ramadhan. Di dalam rublik ini nantinya memuat berbagai tulisan tentang hukum - hukum keagamaan, pembahasan tentang alquran dan al hadits, kisah para nabi dan rasul, cerita inspiratif religius atau karya islamic lainnya seperti puisi islam, kaligrafi, poster religi dan sebagainya sehingga dapat memperlihatkan kepada kita semua anak - anak bangsa yang memiliki pengetahuan, kebanggaan dan perjuangan demi agamanya.
rosimeilani.wordpress.com
 2. Dakwah melalui Media Televisi
Televisi adalah media elekronik yang sangat berpengaruh sekali. Hampir setiap hari semua orang di pelosok negeri menonton televisi. Namun sayangnya, saat ini kualiatas acara yang ditayangkan di televisi sungguh membuat miris hati. Tayangan yang lebih mementingkan finansial tanpa memperhatikan pendidikan moral. Ini saatnya kita mengubah itu semua.
Media Massa dapat dijadikan sebagai jembatan dakwah yang dapat menghubungkan segala bentuk pengetahuan untuk semua umat di dunia. Dimulai dengan acara televisi yang memperbanyak tema tentang religi, diharapkan dapat membuat moralitas negeri ini sedikit lebih terkendali. Karena dengan tayangan bersifat religi, terkadang kita yang semula lupa menjadi sadar diri, karena media seperti televisi juga dapat mengetuk pintu hati.
Ini adalah titik balik yang amat penting bagi kita, mulailah menghiasi dunia pertelevisian indonesia dengan program-program bertajuk agama, yang tidak hanya ditanyangkan di bulan puasa tapi juga pada hari - hari biasa. Contohnya ada beberapa program yang demikian, seperti sinetron berrtajuk religi, acara siraman rohani dari ustadz-ustadzah ternama dalam negeri, sampai yang saat ini marak dibicarakan adalah audisi mencari Miss Muslimah dan audisi mencari da'i terbaik di Indonesia.
Program - program yang demikian perlu kita pertahankan, dan untuk masukkan, saya mengusulkan kepada Kementerian Agama juga dapat berkoordinasi kepada KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) untuk bekerja sama melakukan filter terhadap tayangan yang hanya bertajuk hura-hura dan tidak bermanfaat demi kepentingan bangsa. Kemudian saya juga menghimbau kepada pihak pemilik media televisi, untuk tidak terlalu melakukan intervensi di dalam program-program bertajuk religi, seperti penanyangan iklan yang terlalu lama atau terlalu mengagung-agungkan pihak yang mensponsori acara. Mari kita sama - sama memberikan ruang bagi kita semua untuk menimbah ilmu agama tanpa dicampuri dengan kepentingan dunia.  
azonerskaryamedia.blogspot.com
 3. Dakwah melalui Radio
Radio adalah salah satu bentuk media komunikasi yang masih bertahan dan tetap digemari saat ini. Karena saat mendengarkan radio, kita bisa tetap sambilan mengerjakan setiap pekerjaan kita. Namun, berbeda dengan televisi, media radio justru lebih menonjolkan informasi-informasi berisi yang bermanfaat bagi bangsa ini. Salah satunya adalah program - program kultum agama yang sering diperdengarkan setiap hari menjelang magrib. Hal ini sangat bagus sekali, terlebih lagi ini tidak hanya ada pada bulan puasa, tapi juga pada hari - hari biasa.
streamingislami.com
  4. Dakwah melalui Sosial Media
Internet adalah salah satu penemuan terbesar umat manusia diabad ini. Menghilangkan batas geografi sehingga kita tetap dapat berinteraksi, mengaburkan hitungan jarak yang seakan tak ada lagi. Salah bentuk penggunaan internet yang marak digunakan saat ini adalah Jejering Sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Myspace, Linkedin dan lain-lain.
Meskipun kita ketahui bahwa jejering sosial saat ini membawa beberapa pengaruhi yang kurang baik bagi masyarakat, seperti mulai apatis dan terkesan tidak lagi berjiwa sosialis. Namun ini jangan terlalu kita permasalahkan, Justru dengan adanya jejering sosial ini kita manfaatkan untuk menyebarkan ajaran agama kepada semua orang di dunia.
Dalam jejering sosial, kita semua terhubung dengan teman kita, teman dari teman-teman kita dan semua orang yang juga memiliki akun jejaring sosial yang sama. Dengan demikian ini adalah kesempatan emas bagi kita untuk berdakwah.
Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berdakwah di sosial media adalah :
  1. Budaya kecanduan sosial media kerap menyerang para remaja. Kita yang terlalu sering menulis status di sosial media terkadang lupa diri dan terlalu banyak menulis tentang keluh kesah. Banyak diantara teman-teman kita saling menghina dan tanpa sadar bangga berbuat dosa. Ini memang hal yang kurang baik, namun disinilah jalan bagi kita selaku teman-temanya untuk saling memberi nasehat padanya, meski tidak mampu bertatap muka.
  2. Membuat status tentang ayat alquran agar dapat saling mengingatkan tentang ajaran agama kepada teman-teman. Setiap status yang kita buat pasti akan muncul di beranda teman kita, dan ketika teman kita menyukai, mengomentari atau membagikan status kita, maka teman - teman dari teman kita juga dapat melihatnya. Inilah yang disebut pepetah "sekali dayung dua tiga pulau terlampaui". 
Hal yang demikian juga sesuai dengan sabda Rasulullah : 
بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً
“(yang artinya:) Sampaikanlah DARIKU (yakni dari Råsulullåh shållallåhu ‘alayhi wa sallam) walau hanya satu ayat ” [HR Al-Bukhari 3/1275 no 3274] 
arroyan.org
 5. Dakwah melalui Aplikasi
Perkembangan teknologi saat ini turut ditandai dengan maraknya penggunaan gadget-gadget, mulai dari Android Smartphone, Tab, hingga komputer mini lainnya. Ini adalah salah satu alat yang digunakan manusia agar bisa saling terhubung dengan siapapun dimana saja dan kapan saja, serta upaya agar tetap bisa mendapatkan berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia.
Penggunaan Smartphone, tidak lepas dari berbagai aplikasi yang terdapat di dalamnya. Seperti, Facebook, Twitter, Chrome, Line, KakaoTalk, BBM, Games dan beberapa aplikasi lainnya. Disini kita sebagai generasi muda islam indonesia harus melihat peluang dakwah. Yaitu dengan turut membuat aplikasi - aplikasi berbasis Andorid yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna smartphone dimanapun merada.
Saat ini ada banyak aplikasi yang dimaksud, seperti :
  1. Aplikasi Mobile Alquran
  2. Aplikasi Quran Terjemahan
  3. Aplikasi Kumpulan Hadist
  4. Aplikasi Pengingat waktu Sholat
  5. Aplikasi Pembayaran Zakat Online
  6. Aplikasi Kumpulan Doa Harian
  7. Aplikasi Tuntunan Sholat dan lain sebagainya
Dengan adanya aplikasi aplikasi diatas, Smartphone yang biasa digunakan untuk memperlancar urusan dunia, juga dapat membantu kita dalam menjalankan ajaran agama. Ini tentunya adalah bentuk Dakwah yang menyesuaikan dengan perkembangan peradaban zaman.
aristhu03.wordpress.com
 6. Dakwah melalui Forum Islami
Masuk dalam Forum kajian Islam untuk menambah bekal ilmu agama. Ini sangat baik untuk dilakukan, karena dengan bergabung didalam forum-forum tentang keagaaman, kita dapat dengan mudah bertanya tentang hal-hal yang tidak kita mengerti mengenai permasalahan agama yang kadang agak sulit kita tanyakan jika menemui ustadz/ustadzah di dunia nyata.
myquran.org/forum/
  7. Dakwah melalui Gambar
Gambar adalah media yang sangat mudah sekaligus menarik untuk dipublikasikan. Ini juga adalah peluang bagi kita umat islam untuk berdakwah malalui gambar. Gambar ini dapat berupa Motivasi ataupun Ajakan untuk berbuat suatu kebaikan atau berupa penggalan ayat Al-Quran. Dengan bantuan Internet, Gambar ini dapat dibagikan kepada siapa saja, sehingga jangkauan dari dakwah yang ingin kita sampaikan dapat jauh lebih luas.
asmaptik.blogspot.com
 8. Dakwah melalui Video
Video adalah bentuk media yang mudah untuk dinikmati sekaligus mudah dicernah oleh pemikiran manusia. Oleh karena itu dakwah dalam bentuk video amat sangat efektif pada zaman sekarang ini. Video tersebut dapat berubah video motivasi, tausiah singkat ataupun video yang mengulas tentang sejarah tentang masa keemasan Islam dimasa lampau dan kisah inspiratif para nabi dan rasul. Hal ini diharapkan dapat membangkitkan rasa kebanggaan dalam beragama dan turut mengetahui serta mengamalkan apa yang dilakukan oleh para nabi dan rasul terdahulu kedalam kehidupan kita sehari-hari.
youtube.com
 9. Dakwah melalui Ebook 
Ebook (Elektronik-Book) atau yang bisa dikenal sebagai buku elektronik adalah salah satu media penyampaian informasi yang sangat bagus sekali. Kita dapat berdakwah dengan cara menuliskan kajian kita tentang suatu hal atau pengetahuan tentang islam, kemudian kita sebarkan melalui internet. Cara ini cukup efektif, karena saat ini masyarakat menyukai bacaan-bacaan yang sifatnya softcopy, selain karena murah atau bahkan gratis, juga karena dapat dibawa kemanapun dan dibaca kapanpun.
kitab-shahih.blogspot.com
 10. Dakwah melalui Lomba
Selain beberapa cara diatas, masih terdapat 1 lagi upaya dalam melakukan dakwah yang memanfaatkan media sosial sebagai jalannya. Salah satunya adalah dengan mengadakan lomba menulis blog dengan tajuk islami. Ini adalah cara yang cukup efektif untuk menyebarluaskan berita dan ilmu agama. Karena media blog sangat mudah diakses oleh semua orang yang membutuhkan informasi. Kemudian, lomba seperti ini juga dapat memacu para generasi islam indonesia untuk berlomba-lomba dalam menuangkan aspirasi dan pemikiran demi agamanya. 
Sebelum menulis materi tentang dakwah, maka sudah pasti diawali dengan browsing materi yang dipelajari terlebih dahulu agar dapat menyampaikannya lagi dengan bahasa sendiri yang lebih mudah di pahami oleh pembaca nantinya. Ini secara tidak langsung telah menambah bekal ilmu bagi para peserta lomba tentang agamanya. Sehingga diharapkan kedepannya hal ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat luas.
IT EXPO III Himatif-unib 

Demikianlah tulisan singkat saya tentang Memanfaatkan Media untuk Berdakwah, Semoga dapat bermanfaat dan dapat membuka pikiran kita semua bahwa sebagai generasi islam indonesia, hendaknya kita memanfaatkan peluang yang begitu amat banyak untuk berdakwah mensyiarkan agama Allah,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Kunjungi Pula :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Dengan Bahasa Yang Sopan, Kita Saling Menghargai. Terima Kasih