04:09:00
1

Liburan setelah ujian adalah moment melepaskan segala penat dan beban yang selama ini dipikul oleh seluruh anak Sekolah Menengah dimanapun berada. Banyak diantaranya memanfaatkan waktu liburan hanya sekedar bersantai, memaksimalkan hobi dan lain-lain. Ada juga yang memang berencana untuk jalan-jalan ke luar kota.

Memang travelling menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengisi liburan, termasuk juga saya dan teman-teman. Dikala semua orang memilih travelling ke luar kota, justru kami bertiga lebih memilih travelling di dalam kota sendiri.

Satu-satunya tempat yang menjadi fokus liburan kami adalah pantai Panjang. Nama “Panjang” tidak serta-merta diberikan kepada pantai ini. Memang sesuai dengan namanya, pantai ini sangat panjang sekali. Setelah saya cek di http://www.indonesia.travel/id/ ternyata panjang dari Pantai Panjang mencapai 7 KM dan menurut website tersebut itu merupakan pantai yang terpanjang di Indonesia. Sungguh luar biasa sekali bukan.
Setiap minggu sepanjang liburan, kami mengunjungi pantai panjang. Hal ini sama sekali tidak membosankan karena disini banyak terdapat hal yang bisa kita lakukan dan beberapa fasilitas yang dibutuhkan juga sudah tersedia.

Beberapa hal yang menjadi daya tarik dari pantai panjang yang membuat kami betah untuk mengunjunginnya adalah :
1. Pasir Putih dan Hamparan Pantai yang luas
Ini merupakan kelebihan kedua dari pantai di kotaku, selain daripada panjangnya. Disini terdapat pasir putih yang halus dan hamparan pantai yang amat luas. Sehingga menjadi pilihan yang sangat cocok bagi anak-anak perempuan untuk bermain istana pasir dan untuk anak laki-laki tentunya hal ini dimanfaatkan untuk bermain futsal, termasuk kami juga sering bermain disana,  karena banyak pilihan tempat dan juga bebas biaya daripada bermain di tempat futsal.

2. Ombak yang panjang dan bersahabat
Dibagian ujung pantai panjang, terdapat ombak yang sangat bagus. Akhir-akhir ini pantai panjang kerap didatangi oleh beberapa anak komunitas surfing dari berbagai kota yang ingin menjejal nuansa ombak pantai panjang. Alhasil menurut penurutan mereka yang saya kutip dari berita di TV Lokal, katanya Ombak pantai Panjang sangat cocok sekali untuk Surfing, karena ombaknya sangat panjang dan bersahabat. Beberapa waktu yang lalu, saya juga sempat melihat ada turis asing yang terlihat membawa papan selancar di jalanan sekitar pantai panjang, saya memang tidak melihat langsung dia beraksi, tapi saya sangat senang karena ternyata pantai panjang sudah mulai diminati oleh wisatawan mancanegara. Semoga dengan tulisan ini nanti lebih banyak lagi yang mengenal pantai panjang dan tertarik untuk berkunjung.

3. Tatanan pohon cemara yang rindang
Di kawansan pantai panjang ini terdapat pohon cemara yang sangat rindang. Ini menjadikan area tersebut begitu amat sejuk. Sehingga tidak jarang dijumpai keluarga-keluarga yang liburan sambil membawa alas tikar. Mereka duduk bercengkrama disana sambil menyantap hidangan yang sudah dipersiapkan dari rumah. Ditambah lagi suasana sunset dibawah pohon cemara benar-benar menambah nilai eksotis dari pantai panjang.

4. Full fasilitas hiburan dan penginapan
Disepanjang pantai panjang, berjejer tempat penginapan yang bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang datang dari luar kota. Ditambah lagi banyak kafe dan tempat hiburan yang dapat menjadi tempat singgah sebelum atau seusai menikmati nuansa pantai. Tidak hanya itu, disalah satu hotel disekitar pantai panjang juga menyediakan fasilitas kolam renang yang dapat dinikmati dengan tarif yang sangat murah, hanya beberapa ribu saja. Dari hotel kita bisa melihat langsung pemandangan laut di sekitar area Pantai Panjang.

5. Terdapat “Sport Centre” dengan beragam fasilitas
Satu lagi yang menjadi daya tarik berkunjung ke pantai panjang adalah sudah tersedianya pusat olahraga. Dimana disini terdapat beberapa lapangan yang bisa dipergunakan untuk bermain Futsal, Volly, Basket dan bersepeda.
Disetiap sore, kawasan ini selalu diramaikan oleh berbagai macam komunitas olahraga yang sedang mengadakan latihan, sehingga pantai panjang tidak pernah sepi. Sedangkan pada saat weekend, kawasan ini menjadi piihan utama bagi seluruh warga kota untuk jalan-jalan bersama keluarganya. Disini juga menyediakan penyewaan Sepeda, becak, skuter dan lain-lain bagi anak-anak hingga orang dewasa yang bisa disewa hanya dengan Rp 10.000,-.

6. Jogging Track dan fasilitas terapi kesahatan
Tidak sekedar menyuguhkan fasilitas hiburan, pantai panjang juga memberikan pelayanan bagi mereka yang selalu menjaga kondisi fisik dan kesehatannya. Di pantai panjang terdapat area jogging track yang melintasi pepohonan cemara, sehingga menjadi tempat yang sejuk untuk melakukan jogging. Ditambah lagi, disetiap beberapa meter, disediakan semacam tempat duduk semen dengan atap yang dapat dijadikan tempat beristirahat ketika sudah mulai lelah berlari.
Dan tepat diseberang area sport centre, terdapat sebuah panggung kecil sebagai tempat berkumpul yang disekitarnya dilengkapi dengan jalanan kecil yang terdiri dari batu-batu terapi. Biasanya bagi yang sedang sakit ‘reumatik’ sengaja menyempatkan diri datang ke pantai ini untuk melakukan terapi.

7. Pusat perbelanjaan yang lengkap
Daya tarik dari pantai panjang kian dilengkapi setelah didirikannya mall disana. Mall ini menyediakan berbagai macam kebutuhan bagi masyarakat layaknya mall-mall lainnya di Indonesia. Namun bedanya Mall ini letaknya hanya beberapa meter dari pantai dan terdapat halaman parkir yang luas, sehingga kerap dijadikan tempat audisi band dan konser grup-grup band papan atas Indonesia. Ini tentunya membuat pantai panjang semakin ramai.

8. Kendaraan Tradisional Delman
Mungkin dibeberapa daerah di Indonesia, delman sudah hampir punah. Tapi tidak di Bengkulu, terkhusus di area Pantai Panjang. Delman ini juga menjadi salah satu pilihan transportasi keluarga yang ingin menyaksikan keindahan pantai panjang dari dekat. Karena Rute delman ini kadang sampai masuk ke pantai yang berbatasan langsung dengan air laut. Sehingga tidak jarang penumpang yang berteriak histeris akibat terkena cipratan ombak. Justru inilah salah satu daya tarik tersendiri yang kadang menimbulkan tawa diatas delman di kawasan pantai panjang.

9. Kuliner yang wajib dicoba
Bicara tempat wisata memang tidak bisa dipisahkan dari kuliner. Ada gula ada semut, mungkin inilah pepatah yang tepat untuk menggambarkan kondisi di pantai panjang. Karena sebenarnya dimana ada tempat wisata, disana ada orang-orang yang mendatangi, dan dimana ada keramainan sudah pasti disana ada yang menjual makanan, termasuk di pantai panjang.
Makanan yang khas yang biasa dijual disini adalah Es Kelapa Muda yang langsung diambil dari kelapa yang ada disekitar pantai. Selain itu juga terdapat beberapa makanan seperti bakwan udang, kepiting goreng, dan aneka jajanan ringan seperti batagor, siomai, bakso, kojek dan lain-lain
Tidak hanya itu, jika berjalan menuju ujung pantai panjang, maka akan ditemui kampung nelayan. Disini kita bisa membeli ikan segar dengan harga murah dan membeli beberapa jenis asinan ikan (ikan asin) yang sangat digemari, khususnya bagi warga kota bengkulu.

10. Panorama keseluruhan yang menakjubkan

Selain bagian-bagian yang menjadi daya tarik pantai panjang diatas, sesungguhnya yang paling utama adalah gabungan dari semuanya. Ketika berada dikawasan pantai panjang, kita bisa melihat ke sekeliling kita begitu amat menakjubkan. Suasana yang tenang, suara deru ombak, lambaian pohon cemara dan suara tawa bahagia semua orang yang ada disana.

Saya dan teman-teman saya sudah mencoba semua yang ada diatas satu persatu setiap minggunya dan diakhir masa liburan, kami mengabadikan panorama pantai ini melalui sebuah video kenangan yang menjadi saksi bisu ketika kami harus berpisah untuk melanjutkan pendidikan kami masing-masing ke jenjang yang lebih tinggi.



Itulah tadi pengalaman saya dan teman-teman yang mungkin bisa menjadi alasan kenapa kita semua harus mendatangi pantai panjang. Memang pantai Panjang tidak sebegitu terkenalnya dibandingkan dengan pantai yang sudah menjadi Icon Indonesia di mata dunia internasional. Tapi jika sudah berkunjung kesini, kita bisa menilai sendiri, bahwa pantai panjang juga memiliki potensi, bahkan lebih dari pantai yang lainnya diseluruh penjuru negeri.

Terakhir, saya hanya ingin memberikan saran kepada seluruh masyarakat bengkulu dan pemerintah daerah khususnya, agar lebih memaksimalkan lagi pembangunan pantai dan promosinya kepada dunia luar. Dan bagi masyarkat mari sama-sama kita merawat dan memanfaatkan secara bijak semua yang sudah tersedia di pantai Panjang, Sehingga suatu saat nanti, kita dapat menyaksikan pantai kita tercinta ini menjadi tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun internasional.


Demikianlah postingan kali ini, Terima kasih kepada Liang Teh Cap Panda yang telah mengadakan Lomba Blog dan mensponsori promosi ini dan Terima kasih pula kami ucapkan kepada pihak yang sudah mengabadikan moment dan pesona dari Pantai Panjang. Semoga tulisan dan foto-foto diatas tidak hanya menjadi cerita pengalaman atau keikutsertaan dalam lomba saja, namun juga menjadi ajang promosi untuk pantai panjang kepada masyarakat lainnya di Indonesia.

by : akachopa

1 comments:

  1. aduuuk kulinernya menggoda sekali... http://fxmuchtar.blogspot.com/2014/08/serasa-memiliki-pantai-pribadi-di-liang.html

    ReplyDelete

Silahkan Komentar Dengan Bahasa Yang Sopan, Kita Saling Menghargai. Terima Kasih