13:40:00
2
Mukhadimah,
Pilpres 9 juli tinggal menghitung hari. Salah satu diantara 2 calon nantinya akan menjadi pemimpin bangsa ini selama 5 tahun masa abdi. Pemimpin yang akan membawa kapal besar bernama "Indonesia" dengan 200 juta lebih penumpangnya. Siapapun yang terpilih nantinya diharapkan dapat membawa perubahan besar untuk kesejahteraan kita semua, selama 5 tahun masa jabatannya.

Jujur, dari 2 calon ini saya masih belum mendapatkan pilihan yang pasti, sampai saatpun ini saya masih berusaha mencari kelebihan dari masing-masing capres yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan negeri kita saat ini. Karena saya pribadi ingin menjadi pemili yang memilih karena logika dan hati nurani, bukan sekedar ikut-ikutan massa sana sini atau terjebak dalam kampanye hitam yang meracuni moral bangsa ini.

Sehubungan dengan diadakannya lomba tentang Aspirasi untukCapres Prabowo Hatta, maka dalam kesempatan kali ini saya akan mengemukakan beberapa pendapat saya tentang mereka dan beberapa aspirasi yang akan saya sampaikan pada capres ini apabila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden 9 juli mendatang.

Siapa Prabowo? Siapa Hatta?

Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo (lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951; umur 62 tahun) adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat. Ia menempuh pendidikan dan jenjang karier militer selama 28 tahun sebelum berkecimpung dalam bisnis dan politik.

 Ir. M. Hatta Rajasa (lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 18 Desember 1953; umur 60 tahun) adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia yang menjabat dari 22 Oktober 2009 hingga 13 Mei 2014. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (2007-2009), Menteri Perhubungan (2004-2007), dan Menteri Negara Riset dan Teknologi (2001-2004). (sumber : wikipedia.co.id)

Prabowo yang berlatar belakang militer, diharapkan dapat membawa perubahan pada bangsa ini, terutama pada bidang pertahanan baik dalam maupun luar negeri. Karena seperti yang dapat kita lihat saat ini, Indonesia sudah mulai mendapat tekanan dari berbagai pihak, baik itu dari masyarakat sendiri yang mencoba melakukan upaya pelepasan diri dari NKRI maupun pihak luar yang berusaha mengusik sebagian wilayah kekuasaan dan kekayaan alam ibu pertiwi.

Sedangkan Hatta, adalah sosok yang sudah familiar di pemerintahan Indonesia beberapa tahun terakhir, sehingga menurut saya ini adalah pelengkap yang sangat baik bagi prabowo yang mungkin masih terbilang baru dalam menjabat sebagai kepala pemerintahan apabila terpilih nantinya. Hatta mungkin lebih banyak mengetahui kondisi Indonesia saat ini, terutama dibidang Perekonomiannya, karena beliau sebelumnya menjabat sebagai menteri koordinator bidang perekonomian.

Ekonomi memang permasalahan yang sangat krusial di negeri kita ini. Kita semua pasti tidak ingin kondisi seperti krisis moneter terulang lagi. Sehingga dengan latar belakang seorang pengusaha, keduanya dapat memberikan sebuah trobosan-trobosan baru dibidang ekonomi, sehingga dapat membuat perekonomian indonesia lebih baik lagi dan tentunya merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Aspirasi Untuk Prabowo Hatta

Sekarang mari kita berandai-andai, 9 Juli mendatang yang terpilih sebagai presiden RI 2014-2019 adalah Prabowo dan Wakilnya Hatta. Maka ini tentunya bukan saja hal yang menggembirakan untuk pasangan ini, namun juga beban berat siap menanti langkah-langkah mereka selama 5 tahun kedepan. Disini saya sabagai salah satu putra bangsa, ingin menyampaikan aspirasi saya kepada prabowo-hatta apabila terpilih menjadi presiden nantinya :

1. Aspirasi tentang Pemilihan Pejabat Pemerintahan :
  • Memilih pejabat pemerintahan yang bersih, dan tidak pernah tersandung kasus korupsi
Korupsi adalah musuh besar bangsa ini. Dan mayoritas dari pejabat pemerintahan pernah tersandung kasus korupsi, baik yang sudah ditetapkan sebagai tersangka maupun yang masih diperiksa KPK. Ini adalah tantangan besar bagi Prabowo Hatta untuk memilih orang orang yang terbukti bersih untuk menjadi para menteri, demi mewujudkan Indonesia bebas korupsi, tanpa pungli, tanpa gratifikasi.
  • Lebih mementingkan potensi daripada bagi - bagi kursi
Ditengah tuntutan aturan politik yang memaksa parpol melakukan koalisi, demi ambisi menduduki kursi presiden RI, sangat diharapkan kepada pasangan Prabowo Hatta untuk tidak terlibat kontrak bagi-bagi kursi untuk para menteri. Karena menteri adalah perpanjangan tangan presiden yang akan melakukan tugas-tugas pemerintahan yang sudah ditetapkan. Pemilihan menteri ini hendaknya berdasarkan potensi dan memang mampu bersaing serta terampil dibidangnya. Karena menteri yang kompetitif nantinya akan mampu menghasilkan kebijakan yang terbaik demi kemakmuran rakyat Indonesia.
  • Tetap Objektif dalam memilih, meski mereka pendukung Jokowi
Meski saat ini masyarakat kita terpecah suara demi mendukung capres pilihannya, namun setelah 9 juli nantinya kita akan bersatu kembali menjadi bangsa Indonesia. Sangat diharapkan kepada Prabowo Hatta apabila terpilih nantinya untuk tidak membeda-bedakan mana pendukungnya dan pendukung calon lainnya. Jika seandainya pendukung pasangan lain memang memiliki potensi untuk memajukan negeri, maka hendaknya dipilih untuk menjadi menteri. Karena kita semua saat ini harus bekerja sama menjalankan pemerintahan tanpa memandang lagi dukungan ketika pemilihan.
kartun.co
2. Aspirasi tentang Pertahanan dan keamanan Rakyat Indonesia :
  • Jangan pernah tunduk dengan antek asing dan menjual bangsa sendiri
Ini adalah hal yang terkesan sepele, namun sangat penting untuk diperhatikan. Kepada Prabowo Hatta apabila terpilih nantinya, jangan sampai dikendalikan oleh negara-negara asing apalagi negara yang mengaku dirinya adidaya. Kita adalah negara Indonesia yang berdaulat, yang merdeka dengan perjuangan bangsa sendiri, tanpa ada campur tangan dari pihak manapun. Sehingga tidak ada kewajiban bagi kita untuk mengikuti mereka. Apapun kebijakan kerjasama antara Indonesia dan Negara lain, itu adalah semata-mata demi kepentingan dan kemakmuran rakyat, bukan malah menguntungkan pihak asing yang sebenarnya ingin menguasai kekayaan negara kita.
  • Penindakan tegas terhadap negara yang mengusik NKRI
Inilah yang terjadi selama ini. NKRI yang selalu diusik negara yang katanya tetangga sendiri. Sebagai Pemimpin yang berlatarbelakang militer, Prabowo diharapkan tegas dalam menindak setiap negara-negara yang berusaha mengusik keutuhan negara kita. Semua kekayaan alam milik Indonesia harus dinikmati oleh seluruh masyarakat bangsa ini, jangan sampai dieksploitasi oleh pihak asing, yang menguntungkan negaranya sendiri.
  • Sikap protektif kepada TKI yang berada di luar negeri
TKI adalah salah satu dari Penyalur Devisa yang menjadi pendapatan negara. Sudah selayaknya mereka yang sudah memberi sumbangsih bagi negara ini mendapatkan perlindungan diri dari ancaman pihak luar negeri. Segala macam bentuk tindakan yang mengancam mereka, harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Jangan sampai warga negara kita dipandang sebelah mata dan dianggap bebas untuk dianiaya. Kita harus tunjukkan kepada semuanya, bahwa Indonesia adalah negara yang akan melindungi segenap tumpah darahnya dimanapun ia berada, baik di negera Indonesia maupun setiap tempat di seluruh penjuru dunia. 
jasakeamananpublik.blogspot.com
3. Aspirasi tentang Hukum Indonesia :
  • Mengembalikan kepercayaan masyarakat umum, kepada para Aparat penegak hukum
Ini adalah salah satu misi penting bagi Prabowo Hatta apabila terpilih nantinya. Saat ini kepercayaan masyarakat sudah mulai menurun terhadap aparat penegak hukum. Mereka yang seharusnya mengayomi justru ditakuti oleh masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, diharapkan Prabowo Hatta dapat membawa angin segar kepada masyarakat agar tersadar bahwa para aparat penegak hukum adalah mitra masyarakat yang seharusnya bekerja bersama-sama demi kepentingan dan keamanan negara Indonesia.
  • Menindak dengan Tegas segala bentuk pelanggaran tanpa pandang Jabatan
Salah satu alasan mengapa kepercayaan masyarakat berkurang terhadap aparat penegak hukum adalah karena adanya ketidakadilan dalam proses peradilan. Disinilah Prabowo Hatta sangat diharapkan untuk bertindak tegas kepada aparat penegak hukum yang menyalagunakan kewenangannya. Lalu turut memastikan bahwa semua orang yang bermasalah harus mendapatkan ganjarannya. Mereka harus ditindak sesuai aturan yang berlaku tanpa pandang bulu.
  • Menjalankan hukum sesuai konstitusi, tanpa mengikuti permainan politisi
Hukum sudah mengatur dengan baik segala tata cara dan aturan dalam kehidupan bernegara serta memberikan hukuman yang setimpal bagi bagi orang orang yang melanggarnya. Namun kadang kala justru pelaku penegak hukum itu sendiri yang menyalagunakan kewenangannya. Ini terjadi karena adanya segelitir orang yang memiliki jabatan tinggi melakukan diplomasi tersembunyi agar dapat lolos dari jeruji besi. Prabowo Hatta harus memastikan bahwa Hukum di Indonesia ini harus Steril dari Intervensi para politisi yang hanya mengutamakan kepentingan dirinya sendiri.
hiburan.kompasiana.com
4. Aspirasi tentang Ekonomi
  • Kebijakan ekonomi demi kesejahteraan rakyat, bukan kepentingan segelintir pejabat
Ekonomi adalah salah satu aspek fundamental didalam kehidupan yang perlu mendapat perhatian. Karena faktor ekonomi akan menentukan sejauh mana tingkat kesejahteraan dan kesuksesan sebuah pemerintahan. Oleh karenanya, pemerintah terus membuat kebijakan khusus yang membuat si kaya dan si miskin merasa diurus. Namun kadang kala kebijakan ini bukan diperuntukkan bagi kesejahteraan rakyat, tapi untuk kepentingan segelintir pejabat. Sehingga membuat kesenjangan diantara keduanya semakin nyata. Inilah yang harus dibenahi oleh presiden terpilih, untuk memperhatikan segala bentuk kebijakan ekonomi. Memastikan tujuan ini hanya untuk memenuhi kesejahteraan setiap rakyat di seluruh penjuru negeri, tanpa dicampuri kepentingan golongan, pribadi, maupun organisasi.
  • Peningkatan perekonomian tidak hanya pada kuantitas, namun juga kualitas
Secara angka, ekonomi kita mengalami pengingkatan. Namun realitanya setiap tahun seperti tidak ada perubahan. Ini karena titik fokus peningkatan perekonomian terbatas hanya pada kuantitas tanpa memperhatikan kualitas. Inilah yang juga harus diubah oleh Prabowo Hatta ketika terpilih nantinya. Yaitu memfokuskan peningkatan ekonomi bangsa lebih dari sekedar hitungan persentase angka, tapi juga pemerataan kesejahteraan yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.
  • menciptakan lapangan kerja padat karya, bukan menambah jumlah pegawai saja
Sudah menjadi rahasia publik jika masalah kepegawaian di negeri ini begitu amat pelik. Betapa tidak, Perekrutan pegawai setiap tahun selalu diadakan secara besar-besaran, tanpa memperkirakan beban anggaran yang harus dikeluarkan. Masyarakatpun terjebak stigma bahwa PNS itu hidupnya dijamin negara. Tak heran jika semua orang berbondong-bondong mendaftarkan diri sebagai abdi negara di berbagai instansi pemerintah. Ini adalah salah satu pola pikir yang harus diubah oleh Prabowo Hatta. Mereka berdua berlatar belakang pengusaha, sehingga diharapkan dapat memberikan trobosan lapangan pekerjaan padat karya yang dapat menyerap banyak pekerja bagi masyarakat Indonesia. 
www.kartunesia.com
5. Aspirasi tentang Pendidikan
  • Menitikberatkan pada pendidikan moral bangsa, bukan hanya saintika belaka
Ketika terpilih menjadi Presiden 9 Juli mendang, Prabowo Hatta harus melakukan perubahan dalam dunia Pendidikan. Memberikan penekanan untuk lebih mengedepankan moralitas bangsa selain daripada ilmu pendidikan lainnya. Sehingga melahirkan putra / putri bangsa yang tidak hanya pandai saintika namun juga memiliki karakter berbangsa dan bernegara. Dampak kedepannya adalah Indonesia akan memiliki orang-orang yang memiliki hati nurani, yang menghasilkan karya cipta untuk kemajuan negeri, bukan demi uang atau kekayaan pribadi.
  • Lebih meningkatkan kualitas tenaga pendidik, bukan kurikulumnya yang diputar balik
Beberapa tahun belakangan, pendidikan menjadi sorotan yang turut menjadi salah satu poin dalam rangkaian probematika yang dihadapi bangsa Indonesia. Berbagai macam bentuk perubahan kerap dilakukan demi tercapainya tujuan pendidikan. Evaluasi tingkat keberhasilan dari proses itu sendiri sering diukur oleh kurikulum yang dicanangkan oleh Menteri. Jika hasilnya kurang memuaskan, maka wacana penggantian kurikulum mulai diperdebatkan. Padahal, kesalahan itu bukan terletak pada kurikulumnya, tapi guru yang menjalankannya. Prabowo Hatta jika terpilih nanti, harus benar-benar memperhatikan hal ini. Mengubah persfektif pendidikan dari kurikulum proaktif, menjadi peningkatan kualitas guru yang lebih produktif sehingga dapat menghasilkan output manusia dengan kualitas pendidikan terbaik.
  • Memberikan support dan ruang bagi karya anak bangsa, bukan malah menghambatnya
Bangsa Indonesia saat ini sudah mulai bangkit dari ketertinggalan. Berbagai macam karya anak bangsa mulai bermunculan membanjiri pasar perdagangan. Namun kadang, tetap saja akan ada tembok besar yang menghadang. Bukan datang dari pelaku pasar luar negeri, tapi justru dari pertinggi bangsa sendiri. Mereka menganggap karya tersebut belum teruji, padahal bangsa lainpun sudah mulai menyukai. Ini PR bagi Prabowo Hatta saat terpilih nanti. Untuk lebih menghargai dan memberikan ruang bagi karya anak negeri. Agar suatu saat nanti kita tidak lagi impor sana - sini, menjadi bangsa mandiri yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.
munsypedia.blogspot.com
Demikian aspirasi dari saya sebagai salah satu putra bangsa yang ingin melihat tanah kelahirannya sejahtera dan diakui oleh bangsa-bangsa lainnya di dunia. Semoga Aspirasi ini dapat ditanggapi dan direalisasikan demi kepentingan kita semua, SELURUH RAKYAT INDONESIA.

#PrabowoHatta #SelamatkanIndonesia #IndonesiaSatu
Referensi :
- Tulisan tentang Profil Prabowo (beserta foto) :
        http://id.wikipedia.org/wiki/Prabowo_Subianto
- Tulisan tentang Profil Hatta (beserta foto) : 
        http://id.wikipedia.org/wiki/Hatta_Rajasa
- Gambar Karikatur Prabowo Hatta : 
        http://www.pkstuban.com

                                                            

Bengkulu, 30 Juni 2014
Penulis,



Robbie Shugara
Mahasiswa UNIB

2 comments:

Silahkan Komentar Dengan Bahasa Yang Sopan, Kita Saling Menghargai. Terima Kasih