10:09:00
1
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi teman teman semua. Sudah lama sekali saya tidak posting disini. Ya dikarenakan kesibukan dan segala macamnyalah :D . Namun sekarang saya akan menyediakan waktu beberapa jam dalam sehari untuk selalu membuat postingan agar blog ini tetap memberikan manfaat kepada teman-teman semuanya.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman dan memberikan sedikit gambaran kepada adik-adik tingkat saya yang sudah menempuh semester 2, tentang mata kuliah yang akan mereka pelajari nantinya.

1. Bahasa Indonesia


Ini adalah  mata kuliah umum di semester ini. Namun jangan terlalu menganggap gampang, karena pengalaman beberapa mahasiswa pada mata kuliah ini justru mendapatkan nilai rendah akibat tidak terlalu serius kuliah. Dosen dari MK B. Indonesia ini biasanya dari FKIP, jadi saran saya baik-baik lah pada dosennya dan jangan buat persepsi yang buruk terhadap prodi kita. Kuncinya ikutin aja alur kuliahnya, serap ilmunya, kerjakan tugasnya dan nilai A sudah ditangan :)

2. Kalkulus 2


Ini adalah mata kuliah lanjutan dari Kalulus 1 disemester 1. Pelajaran hampir sama saja, masih berkutat diurusan matematika. Kalian sudah bisa memahamilah bagaimana tipikal dosen yang mengajar, apalagi untuk kalkulus 2 ini dosennya sama. bagi yang sudah mendapatkan nilai baik, ya dipertahankan. Namun jika masih kurang memuaskan , ya ditingkatkan lagi. Kuncinya di mata kuliah ini selalu buat tugas, dan tulisannya harus BAGUS serta RAPI ! :D

3. Fisika Dasar 2


Mata kuliah ini juga lanjutan dari Fisika Dasar 1. Dosennya juga dari luar prodi, tapi beberapa tahun terakhir dosennya tetap, dan beliau adalah seorang profesor :D . Kalau dari pengalaman, disini absensi tidak terlalu di perhitungkan dalam penilaian, yang penting adalah ilmunya. Hal yang paling Menantang dari mata kuliah ini adalah praktikumnya, dimana kita akan praktik di lab. MIPA dan di ajar oleh asisten dosen dari sana. Dan justu disini bahan penilaian terbesarnya terletak pada praktikum. Ya, pada dasarnya peraktimnya tidak terlalu dipermasalahkan, namun laporannya itu loh yang kadang menjadi teman begadang .hehe. Kuncinya ikutin terus alur praktikumnya, tugas di buat dan setiap percobaan yang pernah dilakukan harus dipahami betul, karena pada saat responsi kita akan melakukan percobaan sendiri, dan tidak ada yang akan menolong kecuali diri sendiri. So, Prepare Your Self ;)

4. Konsep Teknologi


Mata kuliah ini memiliki bobot 2 SKS. Kalau dilihat dari namanya, sepertinya kita akan mempelajari konsep-konsep dasar dari teknologi. Benar, pada pertemuan awal-awal kita membahas tentang teknologi canggih, berhayal tentang konsep teknologi masa depan. Namun jangan terlalu terlena diawal, karena tantangan dari mata kuliah ini justru ada setelah itu. Bagi kalian yang tidak suka hitung-menghitung bersiap-siaplah. Karena mata kuliah ini nantinya akan menyajikan sederetan angka-angka yang akan kalian utak-atik.hehehe. Sebenarnya sekarang masih tanda tanya, hubungannya dengan konsep teknologi nya apa? Atau mungkin mata kuliah ini mempunyai tujuan tersirat yaitu agar melatih mahasiswa untuk pandai berhitung, ya karena kita sebagai mahasiswa TI harus pandai bermain angka :D , atau nanti kalau punya jawabanya silkahkan di share disini ya..

5. Lingkungan Komputasi


Mata kuliah ini sebenarnya yang paling disukai dari yang lain. Kalau saya sendiri mengatakan mata kuliah ini sebagai Aplikom 2. Karena masih mempelajari hal-hal yang berbau komputer. Mata kuliah ini memiliki praktik yang nantinya akan membahas tentang sistem operasi, command line (DOS) dan Linux beserta perintah dasar terminalnya. Disini juga dikupas beberapa bahasa pemrograman lain seperti bahasa C dan python, namun hanya secara garis besarnya saja (tidak terlalu mendalam) karena fokus kita di TI-UNIB adalah JAVA. Selain itu kita juga akan mempelajari bahasa pemrograman web, HTML dan PHP. serta untuk tugas besarnya nanti kita harus mendesain satu web sederhana. Sekedar saran, untuk mata kuliah ini, ada baiknya kalian serius, karena bisa dibilang ini adalah lumbung nilai A, karena notabane nya kita anak TI dan mata kuliah seperti ini adalah makanan sehari-hari. :D

6. Struktur Data dan Algoritma


Nah, ini mata kuliah yang ditunggu-tunggu oleh anak TI (iya apa?)haha. Mata kuliah ini bisa dikatakan sebagai lanjutan dari PPRPL. Jujur saja dulu sangat kesulitan di awal - awal kuliah ini, karena pada dasarnya materi PPRPL saja masih banyak yang belum saya kuasai. Namun jangan khawatir, di SDA ini kita akan mengulang lagi materi itu, sehingga menurut saya, justru saya baru mengerti beberapa pokok pembahasan java di mata kulilah SDA ini. Selain itu ada beberapa fokus pembelajaran disini, yaitu kita akan mempelajari tentang sorting (pengurutan), araylist, linklist dan graph. Kuncinya untuk mendapatkan nilai bagus di mata kuliah ini adalah di tugas. Nanti pasti akan ada tugas dari dosen untuk membuat program sederhana dan dipresentasikan, jadi buatlah yang bagus dan presentasinya juga bagus. Dengan diimbangi praktikum yang serius, insyaallah akan dapat nilai yang memuaskan :D

7. Kewarganegaraan


terakhir adalah mata kuliah kewarganegaraan, ini termasuk mata kuliah umum. Pengalaman tahun kemarin, diawal mata kuliah ini, dosen akan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Dan setiap kelompok memiliki fokus pembahasan tersendiri yang harus buat dalam bentuk makalah dan slide powerpoint. Jadi setiap minggu akan ada diskusi dengan kelompok yang berbeda. Jadi kalau mau mendapatkan nilai tinggi di mata kuliah ini, aktif lah bertanya dan memberikan komentar ( jawaban, kritik/saran ) disetiap minggunya. Karena nilai diberikan berdasarkan ke-aktfi-an mahasiswa.

Itulah tadi beberapa gambaran tentang mata kuliah di semester 2. Penting sekali bagi kita untuk mengetahui, karena jika kita mengetahui medan pertempuran sebelum peperangan dimulai, pasti kita akan membuat persiapan matang untuk menang...

demikianlah, semmoga bermanfaat ^_^
by : akachopa

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

1 comments:

Silahkan Komentar Dengan Bahasa Yang Sopan, Kita Saling Menghargai. Terima Kasih