22:22:00
7

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Postingan kali ini ditujukan kepada mahasiswa baru teknik informatikan universitas bengkulu angkatan 2013. Sejak beberapa hari yang lalu banyak yang menanyakan tentang mata kulliah yang ada di teknik informatika unib khususnya pada semester-semester awal ini. Jadi, atas dasar itulah kita akan membahas satu-persatu tentang mata kuliah pada semester 1 program studi teknik informatika universitas bengkulu tahun pelajaran 2013/2014.

1. Aplikasi Komputer ( Aplikom )
Aplikasi Komputer adalah mata kuliah wajib universitas, artinya semua mahasiswa fakultas/prodi manapun di universitas bengkulu wajib mengikuti mata kuliah ini. Mata kuliah ini memiliki bobot 2 sks, yanng terdiri dari 1 sks teori dan 1 sks praktik dengan syarat kelulusan 2.00.
Mata kuliah Aplikom ini sama seperti halnya pelajaran TIK di SMA dahulu. Pelajarannya masih seputar tentang Sistem Operasi, Perangkat Komputer, Microsoft Office Word, Excel, Power Point, Publisher dll. Sedangkan dalam praktik nya nanti kita akan di bagi kedalam beberapa kelas yang terdiri hanya 20 orang saja dengan asisten acak dari berbagai prodi. Untuk pemilihan kelas diserahkan kepada mahasiswa, mau mendaftar secara kolektif (kelompok) atau individu. 

2. Bahasa Inggris I (B.Ing 1)
Bahasa Inggris I juga merupakan mata kuliah wajib universitas yang memiliki bobot 2 sks dengan syarat kelulusan 2.00. Pelajarannya juga hampir menyerupai bahasa inggris yang dipelajari di SMA. Kuliah Bahasa Inggris biasanya dilakukan di Gedung UPT-Bahasa Inggris. Dalam Satu angkatan biasanya di bagi menjadi beberapa kelas yang digolongkan berdasarkan levelnya. Level ini ditentukan dari hasil tes bahasa inggris yang telah diikuti sebelum kuliah.

3. Dampak Sosial Perkembangan Komputer (DSPK)
DSPK adalah mata kuliah program studi teknik informatika yang memiliki bobot 2 sks. DSPK adalah mata kuliah yang membahas tentang Perkembangan Komputer, ditinjau dari ilmu sosialnya. Di mata kuliah ini kita akan mempelajari tentang dampak positi dan negatif perkembangan komputer, etika profesi, prospek kerja teknik informatika, dan lain sebagainya.
Secara umum mata kuliah ini akan membahas ;

  • komputer dan produk teknologi
  • masyarakat informasi
  • era informasi
  • perubahan managemen
  • pemanfaatan komputer dalam berbagai bidang
  • aplikasi pengajaran
  • sistem informasi
  • model sistem pengolahan data
  • fungsi informasi

4. Fisika Dasar I (Fisdas 1)
Fisika Dasar 1 memiliki bobot 3 sks yang terdiri dari 2 sks teori dan 1 sks praktik. seperti halnya bahasa inggris, Fisika dasar ini juga pada dasarnya sama seperti pelajaran saat kita SMA. Dalam fisika dasar ini kita akan mempelajari tentang ;


      pengukuran dan kesalahan    

newton
kinematika
masa kelembaman
gaya gesek
dinamika
torsi
momen gaya


    gerak rotasi dan pergeseran sudut     

persamaan kinematika rotasi
vektor momentum sudut
dalil sumbu sejajar
momen inersia
kesetimbangan benda tegar
energi kinetik linear
energi kinetik rotasi


sistem partikel

   energi kinetik menggelinding   
listrik dan magnet
kesetimbangan statis
fluida zat alir
membran kenyal
getaran dan gelombang
suhu dan kalor


Sedangkan dalam praktikumnya, Fisika dasar 1 akan diadakan di Laboratorium fisika dasar fakultas MIPA.

5. Kalkulus I

Kalkulus I ini memiliki bobot 3 sks tanpa adanya praktik. Istilah kalkulus mungkin agak sedikit asing, namun sebenarnya kalkulus ini sama halnya dengan pelajaran matematika di SMA. Di mata kuliah ini kita akan membahas ;

Fungsi dan Limit
Turunan
Penggunaan Turunan
pengantar
fungsi dan grafik
operasi pada fungsi
    fungsi trigonometri   
limit
ke-kontinuan fungsi
pengertian turunan
aturan pencarian turunan
  turunan fungsi trigonometri   
aturan rantai
turunan max dan min
  kemonotonan dan kecekungan 
max dan min lokal
limit dan terhingga
grafik canggih

6. Pendidikan Agama
Pendidikan agama adalah mata kuliah wajib universitas yang memiliki bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas tentang keagaman. (Sepertinya tidak perlu dijelaskan secara detail).

7. Pengantar Pemrograman dan Rekayasa Perangkat Lunak (PPRPL)

PPRPL adalah mata kuliah dasar tentang pemrograman di teknik informatika. PPRPL memiliki bobot 4 sks, dimana 2 sks adalah teori dan 2 sks praktik. Pelajaran PPRPL adalah dasar dari kita mempelajari tentang bagaimana membuat suatu program (aplikasi) sederhana. Di Teknik Informatika Universitas Bengkulu, pemrograman dititikberatkan pada bahasa java.
Untuk praktikumnya akan diadakan di Laboratorium TI di Lab. Teknik Lantai 3. Karena bobot praktikum 2 sks, maka praktikum akan diadakan 2 kali dalam 1 minggu. Dalam praktikum inilah kita langsung praktik membuat program sederhana. Misalnya, program menghitung luas bangun datar, program menghitung IP dan lain sebagainya.

Itulah tadi postingan singkat mengenai jadwal kuliah di semester pertama program studi teknik informatika universitas bengkulu. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, Silahkan isi di kotak komentar dibawah.
Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat ^_^
by : akachopa

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

7 comments:

  1. kak, bahasa inggris level 3 yg ngajar orang asing? terus belajarny 100% bahasa inggris?
    yg pend agama kami berubah b.ind kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap level yg dipelajari samo ajo..cuma caro belajarnyo ajo yg dibedakan tiap level..level 2 lebih slow. kalo level 3 pasti agak nge-GAS dikit. karna udah dianggap bisa :)

      Delete
    2. mungkin dibalik ajo, kelak smester 2 baru dapek agamanyo kalo...samo bae :-)

      Delete
  2. kakak, boleh copas kakak.heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha? Copas ??? :-?
      silahkan ! :>)
      asalkan mencantumkan sumber :))

      Delete

Silahkan Komentar Dengan Bahasa Yang Sopan, Kita Saling Menghargai. Terima Kasih