19:00:00
4



Pada postingan kali ini, kita akan berbagi informasi tentang dunia perkuliahan, terkhusus pada program studi teknik informatika. 

Mungkin beberapa diantara kita beranggapan bahwa teknik informatika itu berhubungan dengan komputer baik itu merakit, ataupun memperbaiki. Itu adalah anggapan yang salah besar ! kenapa? Karena kuliah di teknik informatika bukan mempelajari komputer secara hardware (perangkat keras) namun lebih ke arah software (perangkat lunak). 

Teknik informatika adalah program studi yang tergabung di dalam fakultas teknik yang bertujuan membentuk para ahli (engineer) muda yang berkompeten dalam bidang informatika. (definisi sendiri) ^_^.

Seperti yang telah disinggung di atas, teknik informatika mempelajari bagaimana cara merancang suatu program komputer yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan. Di sini juga dipelajari tentang mendesain Web dan juga basis data (database). Namun, pelajaran yang paling ditekankan di teknik informatika adalah algoritma. Karena baik atau tidaknya program / Web yang kita buat semua bergantung dengan tepat atau tidaknya algoritma yang digunakan.

Jika ditanya masalah prospek kerja, saya rasa untuk beberapa tahun ke depan, bidang informatika Lah yang sangat dibutuhkan mengingat perkembangan dunia informasi yang sangat pesat sekali. Bayangkan, sekarang hampir semua bidang, beralih dari manual menjadi otomatis. Semua dinas pemerintahan sudah Mulai mengganti sistem pelayanan menjadi terkomputeriasi. Untuk itu pasti dibutuhkan program (software) yang bisa mendukungnya, bukan? Siapa yang membuatnya? Anak Ti pastinya !

Selain itu coba perhatikan, kalau lembaga sudah beralih ke sistem yang terkomputerisasi, maka mau tidak mau harus memiliki seorang operator untuk menjalankannya, minimal untuk dapat melakukan perawatan berkala ataupun perbaiki ketika sistemnya bermasalah. Siapa operator tersebut? Anak TI pastinya !

Lalu sekarang dapat juga kita lihat, semua lembaga sudah mempunyai website masing-masing, baik itu departemen milik pemerintah, kedinasan, perguruan tinggi, sekolah-sekolah. Tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan swasta dan termasuk juga toko-toko penjualan barang dan jasa sudah menggunakan website sebagai wadah promosi bagi produk-produk mereka. Yang jadi pertanyaan, siapa yang mendesain Web tersebut? Anak TI pastinya !

Dan tidak kalah penting lagi, jika dunia sudah menempatkan IT di semua bidang, maka akan semakin banyak orang-orang yang akan belajar tentang IT, ini terbukti dengan begitu banyaknya calon mahasiswa-mahasiswa yang memilih TI sebagai jurusan yang akan ditempuhkan di dunia perkuliahan. Sekarang kalau ada banyak yang ingin belajar tentang IT, siapa yang bisa mengajarkannya? Tentu orang IT juga-kan?

Nah.. itulah sekilas tentang dunia teknik informatika, jika ada yang mengatakan kuliah di TI hanya sebatas jadi tukang ketik, buka rental komputer ataupun jaga warnet, itu adalah pikiran orang-orang yang tidak tahu apa-apa yang hanya bisa mengatakan sesuatu tanpa pernah mencari tahu terlebih dahulu. 

Sebenarnya masih banyak lagi, tapi untuk hari ini cukup sekian dulu. Kapan-kapan kita akan sambung lagi dengan topik yang sama. Demikianlah postingan singkat diatas, semoga dapat menjadi motivasi untuk mahasiswa teknik informatika agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, karena walaupun peluang kerja yang banyak, tetap saja yang terpilih untuk mengisinya adalah orang-orang yang memiliki kualitas yang terbaik.  

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat ^_^
by : akachopa

4 comments:

  1. arigato gozaimasu (h) :)

    ReplyDelete
  2. Butuh Loker IT? Kunjungi http://www.findgeek.com

    ReplyDelete

  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Tekhnik, menurut saya bidang studi teknik merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia teknik.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang teknik yang bisa anda kunjungi di Lembaga Teknik

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silahkan Komentar Dengan Bahasa Yang Sopan, Kita Saling Menghargai. Terima Kasih